Bisnis Makanan Sehat Untuk Peliharaan Kesayangan

Produk makanan anjing produksi Pawmeals. Image courtesy of Pawmeals.

Produk makanan anjing produksi Pawmeals. Image courtesy of Pawmeals.

Sebagian orang memelihara anjing bukan hanya untuk mengisi waktu luang. Tanggung jawab yang besar menjaga dan merawat makhluk hidup nyatanya mirip dengan situasi memiliki anak sendiri. Memberikan makanan bernutrisi untuk anjing peliharaan pun jadi sebuah keharusan demi kesehatannya. Sayangnya, masih belum banyak yang menyadari faktor penting nutrisi pada makanan anjing. Seperti manusia, jika diberikan konsumsi yang kurang bernutrisi anjing juga bisa cepat sakit. Apalagi sebenarnya anjing juga bisa punya alergi terhadap makanan tertentu. Beberapa studi dan riset membuktikan bahwa makanan anjing kalengan dengan pengawet bisa membuat pencernaan mereka mengalami inflamasi. Ini nantinya bisa berujung pada alergi yang dimiliki anjing-anjing tertentu. 

Para founders Pawmeals. Image courtesy of Pawmeals.

Para founders Pawmeals. Image courtesy of Pawmeals.

Tania Suganda, co-founder Pawmeals, brand makanan anjing bernutrisi, menemukan keterkaitan antara makanan dan kesehatan anjing. Salah satu partnernya, Valerie Amintohir, memiliki anjing yang ternyata memiliki sensitivitas terhadap makanan tertentu. Segala makanan sudah dicoba. Mulai dari makanan kering hingga makanan anjing mentah. Alhasil, anjing bulldog-nya sering mengeluarkan gas dan mengalami kondisi tubuh memerah. Setelah mereka sering berkonsultasi pada dokter hewan dan teman-teman pecinta anjing di berbagai komunitas, jawabannya terletak pada konsumsi makanan. Banyak anjing bisa memiliki alergi pada daging ayam dan daging sapi. Setelah banyak mencari tahu, mereka pun lambat laun semakin sering mengulik tentang kesehatan anjing peliharaan hingga akhirnya melansir Pawmeals.

Alasan Tania dan kedua partnernya Valerie dan Stephani Herman memulai Pawmeals sendiri sebenarnya berasal dari khayalan belaka. Dalam obrolan santai mereka yang merasa ingin jadi wirausaha, mulai merasa bosan dengan kehidupan korporasi, dan keinginan untuk bermain bersama anjing peliharaan saja, akhirnya menuntun pada bisnis makanan sehat untuk anjing peliharaan. Seiring berjalannya waktu, khususnya di saat pandemi ini, mereka merasa potensi bisnis ini sangatlah besar. Apalagi mereka menemukan bahwa banyak orang selama pandemi lebih banyak di rumah dan memiliki peliharaan jadi salah satu cara mengisi waktu luang. Saat ini memang Pawmeals hanya menyediakan makanan untuk anjing. Tapi harapan ke depan adalah bertambahnya produk-produk makanan untuk hewan peliharaan lain seperti kucing. Terutama setelah mereka melihat ternyata cukup banyak permintaan untuk kucing peliharaan. 

Pawmeals menjadi berbeda dengan makanan kemasan atau makanan yang bisa dimasak sendiri karena produk-produknya melalui berbagai riset yang menyeluruh. “Kami hanya menggunakan bahan baku yang masih segar. Kami membeli sayur-sayuran secara harian. Untuk menjaga nutrisi makanan kami juga memroses bahan-bahan dengan metode slow cook tanpa bahan pengawet, pewarna atau perasa. Kami juga menjamin sumber bahan dari pemasok yang berkualitas begitu juga dengan komposisi nutrisi di dalamnya. Kami bekerja sama dengan salah satu dokter hewan untuk memastikan nutrisi yang ada dalam setiap produk terjaga. Inilah yang memudahkan para pemilik anjing tidak perlu repot memasak sendiri dan memikirkan kandungan di dalamnya,” jelas Tania. 

Produk Pawmeals. Image courtesy of Pawmeals.

Produk Pawmeals. Image courtesy of Pawmeals.

Tidak hanya memerhatikan kualitas produk, Tania dan para co-founder juga mengedepankan informasi yang edukatif terhadap masyarakat. Tania mengaku bahwa menyampaikan informasi yang edukatif terbilang cukup menantang. Banyak pemilik anjing belum menyadari pentingnya menjaga nutrisi makanan anjing dan apa bedanya dengan makanan anjing yang dimasak sendiri. Meski menantang, hal ini justru jadi misi Pawmeals. Mereka ingin memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang sesuatu yang belum lumrah di Indonesia yakni tentang makanan hewan.

Pawmeals+%26+Dog.jpg

Pawmeals ingin memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang sesuatu yang belum lumrah di Indonesia yakni tentang makanan hewan.

Image courtesy of Pawmeals.

Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan membangun konten yang menarik di mana ke depannya mereka sedang merancang beragam channel untuk edukasi. Selain itu, mereka  juga mengedepankan desain produk yang atraktif sebagai langkah melancarkan visi misi Pawmeals. Ini diyakini dapat menarik perhatian para pemilik anjing untuk mencoba produk Pawmeals dan percaya bahwa makanan anjing bisa sama berkualitasnya seperti makanan manusia. Lewat pawmeals kalkulator yang mereka dirancang, para pemilik anjing peliharaan juga dapat lebih mudah memenuhi kebutuhan konsumsi harian anjing mereka. Berbagai akses informasi dipersiapkan sedemikian rupa agar anjing-anjing peliharaan mendapatkan konsumsi terbaik dan terus sehat.

Previous
Previous

Menjadikan Baju Rumah Sebagai Tren Fashion

Next
Next

Tren Warna 2021: Secercah Optimisme dari Pantone