Urban Sneaker Society 2021: Dukung Kebangkitan Local Brand

Produk brand lokal cukup berhasil menarik perhatian publik dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini juga disadari oleh Urban Sneakers Society (USS), sebagai  event streetwear terbesar di Indonesia. Tren ini mulai terlihat peningkatannya pada tahun 2018. Pada penyelenggaraan Urban Sneakers Society 2018, representasi brand lokal yang hadir masih sangat tertinggal jauh secara jumlah karena masih didominasi oleh brand retail dari luar negeri. Namun di tahun 2019 mulai terlihat banyak audiens, khususnya pecinta fashion yang tertarik dengan produk-produk dari brand lokal. USS menyadari bahwa ada pergeseran minat dari audiens yang mulai mengincar brand lokal secara spesifik. Maka di tahun ini, USS 2021 mengangkat tema “Kebangkitan Brand Lokal” sebagai upaya untuk mendukung produk-produk lokal Indonesia selama pandemi.

Kolaborasi Urban Sneaker Society x Better Goods

Ada banyak faktor yang memengaruhi peningkatan minat pembelian brand lokal. Perkembangan teknologi dan internet adalah salah satu faktor yang turut berperan dalam hal ini. Kita jadi lebih mudah melihat tren dari luar, ada sudut pandang lain yang bisa kita lihat mengenai sebuah produk. Sehingga, brand-brand lokal juga bisa mengikuti perkembangan tren dengan tetap memberikan sentuhan kreativitas kita sendiri. Maraknya kolaborasi antar brand juga meningkatkan kesadaran publik di Indonesia akan kehadiran brand-brand lokal.

Tidak hanya tren peningkatan minat merek lokal, USS juga melihat thrift shopping sudah mulai memiliki peminatnya sendiri. Sebagai respons akan hal ini USS 2021 juga menghadirkan Thrift Spot bagi para pencinta old school dan vintage items. Kesadaran akan kerusakan lingkungan karena sampah fashion di Indonesia ternyata cukup meningkat dari tahun-tahun sebelumnya,

“Kita melihat kemarin juga thrifting kembali naik, karena banyak yang tidak mau membeli baju baru untuk kepentingan lingkungan, sehingga mereka menghindari membuang baju atau bahan kain. Market di sini mulai sadar akan itu, kita juga menghadirkan Thrift Area yang sudah kita kurasi dan dengan sanitasi yang baik,” jelas Adhista Fadillah, Project Manager Urban Sneakers Society 2021.

Brand-brand thrift yang ikut dalam event tahun ini juga telah melewati proses kurasi terlebih dahulu. Di masa pandemi higienitas tentu menjadi salah satu aspek yang menjadi fokus utama banyak orang. Untuk itu USS memastikan bahwa brand yang terlibat sudah menerapkan protokol kebersihan yang sesuai.

Sepatu Compass Gazelle® “Purple Haze”, dirilis perdana di Urban Sneaker Society

Berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, USS 2021 lebih menekankan event ini sebagai tempat berbelanja dibanding hanya sebagai tempat berkunjung. Brand yang terlibat di USS 2021 juga diharuskan memiliki produk kolaborasi atau rilisan eksklusif. Salah satu kolaborasi yang ditunggu di USS 2021 adalah kolaborasi sepatu Compass dengan UNKL 3.4.7. Tahun ini para pengunjung juga bisa menikmati beragam pameran seperti pameran NFT Museum dan Sneakers Museum, yang ditargetkan menjadi sneakers museum terbesar di Asia Tenggara. Demi menjaga protokol kesehatan USS 2021 juga menerapkan jalan satu arah di dalam event, pameran museum tersebut diharapkan memberikan pengalaman perjalanan berbelanja yang berkesan bagi para pengunjung.

“KIta berharap bisa membantu UMKM dan tetap menjadi benchmark event yang baik. Karena belum banyak event offline yang berlangsung, semoga kita bisa menjalankan event ini dengan baik. Semua pihak yang terlibat mulai dari partner, tenant, hingga pengungjung bisa merasa puas dan senang akan event ini.  Kita saling mendukung satu sama lain. Kita juga sudah kangen membuat event offline, kita berharap USS 2021 ini bisa menjadi kenangan yang baik untuk semuanya.” tutup Adhista.

Urban Sneakers Society 2021 akan berlangsung mulai dari tanggal 2-5 Desember 2021 di JCC Senayan, Hall B, Jakarta Selatan. Penyelenggaraan event secara offline ini akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi kenyamanan para pengunjung dan seluruh pihak lain yang terlibat. Beberapa brand yang akan hadir diantaranya adalah Compass, Nomaden Stuff, Thanksinsomnia, Wormhole, dan masih banyak lagi. Pembelian tiket dan informasi lebih lanjut bisa kamu akses melalui instagram di @urbansneakersociety.




Previous
Previous

Just Mom: Film Tentang Ibu Yang Akan Tayang Awal Tahun 2022

Next
Next

Koperasi sebagai Opsi Model Bisnis Startup