Tetap Produktif Meski Bekerja Dari Rumah

Geometry-WFH.jpg

Di era modern seperti saat ini selain pekerja freelance, sudah banyak juga perusahaan yang memperbolehkan karyawannya untuk bekerja secara remote di rumah atau tempat lain di luar kantor. Meski terdengar menyenangkan namun ternyata remote working cukup rumit karena butuh trik khusus agar tetap fokus.

Seringnya karena berada di rumah sendiri, kita menganggap enteng pekerjaan dan justru menjadikannya sebagai waktu untuk bersantai. Memang, tantangan terbesar bekerja di rumah adalah keberadaan “zona nyaman” kita yang biasanya menjadi tempat istirahat. Kemungkinan untuk menonton TV, tidur-tiduran, atau kegiatan menunda pekerjaan sangat tinggi ketimbang kalau berada di kantor. Oleh sebab itu kita butuh persiapan khusus untuk menjaga produktivitas kerja di rumah. 

Temukan Waktu Produktifmu

Tidak semua orang bisa produktif di waktu yang sama. Ada yang bisa fokus di pagi hari, sementara ada juga yang baru bisa memulai pekerjaan di malamnya. Kapan pun itu, sesuaikan ritme kerjamu dengan waktu tersebut.

Membuat Jadwal

Seringnya bekerja dari rumah tidak produktif karena kamu bisa melakukan apa saja di tengah pekerjaan. Jadilah disiplin dengan membuat jadwal yang teratur.

Tentukan Meja Kerjamu

Bekerja di rumah bukan berarti mengetik laptop di atas kasur. Buat “meja kerja” sendiri yang memang diperuntukan hanya untuk bekerja. Bisa coffee table dengan sofa yang nyaman, atau meja kecil di pojok rumah.

Tetap Berkomunikasi

Yang sering hilang dari remote working adalah kesempatan berkomunikasi dengan kolega di kantor sebagai bentuk interaksi sosial. Gunakan teknologi seperti Whatsapp, Slack, atau Gmail Chat untuk tetap terhubung dengan tim lainnya.

Previous
Previous

Berkomunikasi Dengan Konsumen di Tengah Pandemi COVID-19

Next
Next

Mengenal Konsep Niksen Yang Mengajarkan Kita Untuk Bengong