SYI Class: Marketing di Era Media Sosial

StartUp Youth Indonesia (SYI) merupakan sebuah wadah rintisan yang sebelumnya terbentuk melalui Forum Osis Nasional. Kini SYI telah berkembang dan ingin memberikan kontribusi aktif bagi generasi muda Indonesia, salah satunya dengan mengadakan kelas yang dapat membantu generasi muda untuk mengembangkan karir dan kemampuannya. SYI class sendiri adalah rangkaian kelas virtual singkat yang bertujuan membantu pelajar dan mahasiswa dalam mempelajari berbagai soft skill dan hard skill. Meliputi berbagai kemampuan yang relevan dengan kebutuhan para pelajar dan mahasiswa di masa sekarang.

Pada bulan Maret 2022, SYI mengadakan kelas online yang membahas mengenai social media marketing. Kelasnya bertajuk, SYI Class: Discover the Secret Strategy of Social Media Marketing in the Vast World. Topik social media marketing dipilih berdasarkan survei yang dilakukan oleh SYI melalui  Instagram dan juga Google Form yang dapat diisi oleh audiens. Social media marketing menjadi topik yang paling banyak muncul melalui survei terkait. Ini juga seiring dengan banyaknya peluang pekerjaan yang kini hadir melalui sosial media, marketing menjadi salah satu bidang yang berkembang bersamaan dengan peningkatan penggunaan media sosial dalam beberapa waktu terakhir.

Kini, kita mengenal profesi baru yakni social media marketer. Secara umum, social media marketer dapat dimaknai sebagai suatu pekerjaan yang ditugaskan untuk memproduksi suatu konten terhadap suatu produk maupun jasa dan mempromosikannya di media sosial berkaitan dengan suatu brand maupun komunitas dengan penggunaan strategi untuk mencapai suatu engagement tertentu. Tentu saja, target dari proses marketing akan menyesuaikan tujuan yang ingin dicapai, bisa berupa penjualan ataupun brand awareness.

Secara general, ada tiga kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang social media merketing yaitu creativity, communication, dan writing. Ketika menyusun strategi marketing, creative thinking menjadi salah satu kemampuan yang krusial untuk bisa memberikan kebaruan dalam program yang dibuat. Kemampuan komunikasi dibutuhkan untuk dapat menjelaskan strategi yang telah kita susun. Sebuah komunikasi dapat dikatakan berhasil saat kita mampu menyampaikan sama persis apa yang ada di kepala kita kepada pihak yang menerima informasi. Terkahir adalah kemampuan menulis, tulisan menjadi salah satu medium dalam berkomunikasi. Copywriting adalah salah satu kemampuan yang banyak diperlukan untuk dapat memasarkan produk ataupun jasa.

Terdapat tiga kesalahan yang umum dijumpai saat baru memulai karir sebagai social media marketer meliputi strategi yang monoton, tidak melakukan analisis, Melakukan strategi yang melawan arus sosial untuk mendapatkan engagement tinggi. Kemampuan analisis juga kerap kali dilupakan jika membahas pekerjaan yang berhubungan dengan kreativitas. Analisis meliputi tren yang sedang diminati dan topik-topik yang relevan dapat membatu social media marketer dalam merancang strategi yang tepat sesuai dengan tujuan yang dimiliki. Strategi social media marketing bekerja dengan baik ketika suatu konten yang ditawarkan atau dipublikasikan dapat dipahami, memiliki engagement yang tinggi, dan menarik bagi pengguna media sosial.

Pembahasan lebih lengkap mengenai social media marketing ini juga dapat diilihat dalam SYI Class: Discover the Secret Strategy of Social Media Marketing in the Vast World bersama dengan Hafizh Ahmad Dakhilullah (Marketing Digital Intern at EraJaya, Mahasiswa SBM ITB’23). Kelas online ini ditujukan bagi masyarakat umum, terutama pelajar dan mahasiswa yang tertarik dalam bidang social media marketing. Kelas virtual ini akan berlansung pada Sabtu, 19 Maret 2022. Informasi lebih lanjut juga dapat diakses melalui laman Instagram StartUp Youth Indonesia. 

Previous
Previous

Rekomendasi Film Dokumenter Penambah Wawasan Kamu

Next
Next

Meta Forest Society: Dukung Petani Jahe Lewat NFT