Rekomendasi Film Dokumenter Penambah Wawasan Kamu

Belakangan ini banyak film dokumenter hadir meramaikan dunia perfilman. Film dokumenter yang biasanya mengungkap hal yang sebelumnya tidak kita ketahui, menjadi alasan bagi kita untuk menontonnya. Nah, berikut Geometry berikan beberapa film dokumenter yang harus kamu tonton untuk menambah wawasan.

Downfall: The Case Against Boeing (2022)

Film yang baru saja rilis ini terus menarik perhatian orang. Mengungkap hasil investigasi dari dua kecelakaan pesawat, termasuk pesawat maskapai Lion Air. Ternyata kecelakaan pesawat jenis Boeing 737 Max tersebut terjadi karena konspirasi petingginya yang mementingkan “profit”. Semua saling menyalahkan, menyalahkan pilotnya juga maskapainya. Namun, tidak ada yang berpikiran bahwa bisa saja manufaktur pesawatnya yang bermasalah.

The Cave (2019)

Dokumenter ini hadir untuk menggambarkan keadaan sebenarnya yang terjadi di daerah konflik. Keadaan rumah sakit bawah tanah dan tim medis di tengah kondisi perang Suriah dapat kita saksikan melalui The Cave. Menyoroti dari dua pihak, dari kisah korban maupun tim medis penyelamat pada aksi kemanusiaan ini. Dengan film ini kamu akan tahu kekejaman perang di suriah.

Apollo 11 (2019)

Sejarah pendaratan pertama di bulan menjadi pencapaian terbesar umat manusia. Apollo 11 menjadi bukti nyata dari pencapaian tersebut. Menampilkan beberapa cuplikan yang belum pernah ditampilkan sebelumnya. Tanpa narasi dan wawancara, film ini dibuat seasli mungkin menggunakan materi rekaman asli film 70 mm dengan tambahan beberapa musik.

Free Solo (2018)

Bukan film horor, tapi dokumenter ini akan membuat kamu merinding menontonnya. Free Solo menceritakan kisah di balik aksi menantang maut seorang pemanjat tebing, Alex Honnold. Ia adalah orang pertama yang berhasil menaklukkan tebing El Capitan tanpa tali dan pengaman lainnya. Kru pengambil gambar film ini juga tidak kalah keren dengan pemeran utamanya. Film ini berhasil memenangkan piala Oscar untuk kategori film dokumenter terbaik tahun 2019.

Seaspiracy (2021)

Menyadarkan kita tentang realita keadaan laut yang jarang dibahas, film ini membahas tentang ekosistem laut yang terancam punah. Banyaknya sampah plastik di laut, hanyalah salah satu dari banyaknya permasalahan yang terjadi di dalam laut. Pembantaian ikan hiu, lumba-lumba dan paus, adalah permasalahan laut yang mengancam ekosistem laut dan juga bumi. Dengan film ini kamu akan mengetahui betapa pentingnya kelestarian laut untuk kehidupan bumi kita.

Itu dia beberapa film dokumenter dengan berbagai hal yang diungkap untuk menambah wawasan kamu. Jangan lupa menontonnya dengan layanan streaming yang legal ya!

Previous
Previous

Dapur Restoran Tetap Ngebul di Masa Pandemi

Next
Next

SYI Class: Marketing di Era Media Sosial