Pelanggan Kini Lebih Suka Terhubung dengan Bisnis Melalui WhatsApp

Apa rutinitas baru yang muncul saat kamu mulai memasuki dunia kerja? 

Memeriksa chat di WhatsApp mungkin jadi salah satu rutinitas yang kemudian muncul. Kini, aplikasi perpesanan, seperti WhatsApp memang sudah menjadi bagian dari hidup yang sulit terpisahkan, mulai dari urusan pribadi hingga bisnis. Pada akhir bulan Agustus lalu, WhatsApp menyelenggarakan WhatsApp Business Summit di Indonesia. Agenda dari acara ini adalah mengumumkan sejumlah fitur baru dan juga tren penggunaan aplikasi WhatsApp dalam dunia bisnis di Indonesia. 

Berbicara tentang tren perpesanan bisnis, berdasarkan riset Penggunaan Perpesanan Bisnis oleh Kantar pada bulan Maret 2024 di Indonesia hampir 90% orang dewasa pengguna internet mengirimkan pesan ke bisnis setidaknya sekali seminggu. Fakta ini menyoroti pentingnya peran WhatsApp dalam komunikasi pemilik bisnis dengan konsumen. 

"Mengingat 87% konsumen Indonesia lebih memilih perpesanan sebagai cara utama untuk berkomunikasi dengan bisnis, maka penting bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan platform perpesanan dalam berinteraksi dengan konsumen modern. Kami memahami betapa pentingnya WhatsApp dalam kehidupan sehari-hari dan akan terus mendukung bisnis untuk meraih kesuksesan dengan WhatsApp,” ungkap Pieter Lydian, Country Director of Meta Indonesia, dalam presentasinya di acara WhatsApp Business Summit. 

Beberapa fitur baru yang diumumkan dalam WhatsApp Business Summit di Indonesia antara lain:

Verifikasi Meta

Di bulan Juni lalu, Meta mengumumkan Indonesia menjadi salah satu negara pertama yang menerima fitur satu ini. Lencana terverifikasi pada profil bisnis dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Selain itu, bisnis yang menggunakan Meta Verified juga akan menerima akses multi-perangkat bagi karyawan. Lencana verifikasi ini juga akan muncul di halaman WhatsApp Channels dan Business, sehingga akan mudah dibagikan melalui media sosial dan situs web. 

Panggilan dalam chat dengan bisnis skala besar

Fitur panggilan langsung dari pelanggan ke WhatsApp Business saat ini sedang dalam tahap uji coba. Nantinya, fitur ini akan memungkinkan pelanggan terhubung dengan akun bisnis dengan lebih nyaman dan cepat. 

Meta AI untuk WhatsApp Business

Kehadiran teknologi AI pada WhatsApp Business ini bertujuan untuk membantu para pemilik bisnis dalam meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan kepada pelanggan. Penggunaan teknologi ini juga memungkinkan pemilik bisnis membuat iklan tanpa biaya tambahan. 

Melihat pola komunikasi pemilik bisnis dengan pelanggan, Meta bermitra dengan Boston Consulting Group (BCG) untuk melakukan survei mendalam mengenai perpesanan bisnis di Indonesia. Survei ini melibatkan 400 bisnis dan 30 wawancara dengan bisnis dari berbagai industri. Salah satu temuan utamanya adalah lebih dari 90% pelaku bisnis Indonesia menggunakan aplikasi perpesanan di setiap tahap perjalanan konsumen, mulai dari interaksi awal hingga upaya menjaga komunikasi jangka panjang. 

Kopi Kenangan, adalah salah satu contoh bisnis yang memanfaatkan WhatsApp untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan mendorong penjualan. Mereka menggunakan iklan di media sosial yang terhubung langsung ke WhatsApp hingga pengiriman notifikasi promosi dan pembaruan melalui WhatsApp. Hasilnya, pemesanan kopi mereka bisa naik hingga 3 kali lipat. 

Komunikasi yang sehat antara pemilik bisnis dengan pelanggan memang sudah menjadi kunci dalam membentuk loyalitas hingga peningkatan penjualan. Beberapa fitur baru dari WhatsApp Business bisa jadi alat yang bisa digunakan untuk mengoptimalisasi komunikasi yang terjadi. Informasi lebih lengkap mengenai survei BCG dan Meta dapat kamu akses melalui tautan ini

Previous
Previous

Aspirasi Ratusan Pelaku Budaya dalam Diskusi Publik “Kebudayaan dan Industri Budaya: Indonesia di Tengah Arus Dunia”

Next
Next

Synchronize Fest 2024 Menghadirkan 14 Pertunjukan Spesial Untuk Merayakan Keberagaman Musik Indonesia