Jangan Hanya Punya Satu Logo! Ini Variasi Logo Yang Perlu Brand Siapkan

Logo adalah representasi visual sekaligus medium menyampaikan esensi dan nilai yang dimiliki oleh brand. Pada dasarnya logo memiliki beberapa fungsi yakni menunjukkan identitas, pembeda dari kompetitor, membangun koneksi emosional dengan konsumen. 

Saat perjumpaan pertama, logo seringkali menjadi penentu first impression konsumen dengan sebuah brand. Logo tak jarang jadi aspek pertama yang disadari oleh audiens bisnis kamu. Bahkan jadi alasan untuk mampir dan melihat produk yang kamu jual. Maka, perumusan logo akan menjadi langkah yang krusial dalam pengembangan brand

Beberapa hal penting yang perlu kamu pertimbangkan dalam membuat logo adalah pastikan logo mudah dikenali, buat desain logo untuk audiens brand, pastikan logo mudah diingat, timeless, juga sesuaikan dengan tujuan brand yang kamu miliki. 

Lantas, variasi logo apa saja yang perlu kita persiapkan ketika membuat brand?

Primary Logo

Logo primer atau primary logo merupakan kunci utama dari logo yang akan kamu gunakan. Umumnya didesain untuk bisa dikenali dengan mudah. Penggunaan logo primer biasanya diaplikasikan saat tidak banyak ruang yang bisa digunakan, misalnya di signage, website, ataupun dokumen lain. 

Secondary Logo

Ini merupakan alternatif dari logo primer. Biasanya digunakan untuk kebutuhan layout dan desain yang lebih beragam. Tujuan dari secondary logo pada dasarnya adalah mempertahankan komponen yang ada di primary logo tapi dapat menawarkan fleksibilitas serta mudah untuk disesuaikan ukurannya. Secondary logo hadir sebagai solusi kalau desain logo utama brand kamu cenderung rumit dan sulit terbaca di ukuran yang lebih kecil. 

Icon atau Favicon

Variasi satu ini merupakan bentuk sederhana dari logo. Umumnya berupa simbol atau bagian paling menonjol dari desain logo suatu brand. Icon atau favicon biasanya digunakan untuk profile picture media sosial brand, icon aplikasi, atau website. Kunci saat membuat icon brand adalah harus jelas, sederhana, juga mudah dikenali. 

Variasi Warna Logo

Selain bentuk, siapkan juga variasi warna dari logo brand yang kamu buat. Hal ini bertujuan agar logo brand kamu bisa digunakan sesuai dengan background atau medium yang dipilih. Paling tidak, siapkan variasi logo dalam warna hitam, putih, dan warga khas brand yang kamu miliki. Logo yang baik, harus tetap terlihat menarik meski hanya menggunakan warna hitam dan putih. 

Variasi logo merupakan penyesuaian ulang logo primer yang sudah kamu miliki. Variasi yang kamu siapkan akan memberikan fleksibilitas pada brand. Pastikan variasi logo yang kamu miliki tetap konsisten, mudah dikenali, dan bisa diaplikasikan di berbagai penempatan.

Previous
Previous

Synchronize Fest 2024 Menghadirkan 14 Pertunjukan Spesial Untuk Merayakan Keberagaman Musik Indonesia

Next
Next

Nature’s Nocturne Tawarkan Pengalaman Multi-Sensorial dalam Hidangan Khas Indonesia