Ini 5 Kandidat Identitas Visual untuk Ibu Kota Nusantara, Pilih yang Kamu Suka!

Dalam rangka pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) ditunjuk oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui mandat lembaga Otoritas Ibu Kota Negara (OIKN) sebagai mitra strategis dalam perancangan visual Ibu Kota Negara Nusantara. Selain itu, pemerintah juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terlibat dalam pemilihan logo untuk Ibu Kota Nusantara ini.

Dari sekitar 500 desainer yang mendaftar, ADGI memilih 10 desainer logo yang menjadi finalis untuk membuat desain logo baru Ibu Kota Nusantara. Kemudian, dari 10 karya yang sudah dibuat dan diajukan oleh OIKN ke Presiden Joko Widodo untuk memilih 5 logo yabg akan diumumkan ke masyarakat untuk dilakukan pemilihan secara terbuka. Logo dengan jumlah pemilih terbanyak akan ditetapkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara.

“Ibu Kota Nusantara bukan hanya milik pemerintah tapi milik seluruh masyarakat Indonesia dan dibangun untuk kemajuan bangsa Indonesia, oleh karenanya marilah berkontribusi dengan memilih logo yang paling sesuai untuk  Ibu Kota Nusantara," ungkap Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono. 

Sementara Ritchie Ned Hansel selaku Ketua Umum ADGI merasa cukup terkejut dengan antusias dari para desainer untuk berpartisipasi dalam sayembara pembuatan logo baru dari Ibu Kota Nusantara ini. ”Hampir semua desainer grafis yang mendaftar menyatakan ketertarikannya untuk berpartisipasi karena ingin turut andil dalam menciptakan sejarah perjalanan bangsa. Hal ini memperlihatkan bagaimana desain grafis dapat memiliki kontribusi nyata dalam aspek sosial, budaya, dan kemasyarakatan di Indonesia – sejalan dengan visi ADGI untuk membentuk identitas visual Indonesia yang kuat di dalam negeri maupun internasional.” Ungkap Ritchie.

Berikut merupakan nama-nama desainer dari 5 logo yang dapat dipilih oleh masyarakat:

  • Agra Satria - MATA Studio

    Didesain dengan formasi modular untuk menggambarkan negara Indonesia sebagai negara kepulauan dan desain planologi Ibu Kota Nusantara. Terinspirasi dari Ragam Hias Pohon Hayat, selaras dengan kosmologi dasar Ibu Kota Negara Nusantara.

  • Aulia Akbar - POT Branding House

    Logo “Pohon Hayat Nusantara” terinspirasi dari bentuk penghayatan simbolisme pohon dari barat sampai timur Indonesia. Sumber kehidupan sekaligus kekayaan hayati yang melimpah di ekologi kita. Simbol dasar yang tumbuh dari akar ideologi bangsa (Pancasila), tumbuh mengalir menjadi 7 batang gugus pulau besar di Indonesia sebagaimana kita merupakan masyarakat maritim dengan wawasan Nusantaranya melihat laut dan dan alur sungai sebagai penghubung, yang kemudian terhubung dalam satu lingkaran utuh yang menumbuhkan 17 kembang mekar sebagai simbolisasi kemerdekaan abadi.

  • Dimas Fakhruddin - Yumakiso Studio

    Semangat Nusantara untuk terus bertumbuh untuk menjadi salah satu Kota Dunia yang memiliki integritas dan daya saing secara global adalah landasan filosofis logo yang dibuat Dimas. Secara visual, logo ini mengambil bentuk sirkular sebagai representasi pergerakan kolektif masyarakat Indonesia. Berpusat pada simbol bintang yang merepresentasikan Pancasila sebagai pondasi utama membangun IKN Nusantara; ia juga harapan agar kelak menjadi rumah bersama untuk saling bersinergi serta menjadi role model kota dunia

  • Ismiaji Cahyono - SUNVisual

    Terinspirasi dari kearifan kampung, lingkungan rumpun keluarga yang tumbuh mandiri dalam keterhubungan. Unit terkecil kampung adalah rumah, tempat bertumbuh dan diayomi. Tanda utama identitas adalah ikon rumah – paduan ambang dan atap, yang diserap huruf ‘N’ ditengah nama Nusantara. Ikon rumah diapit ‘Nusa’ berarti kepulauan, dan ‘Tara’ berarti ‘sama tingkatnya’ – Ibukota adalah pusat pengelola beragam ‘kampung’ dalam pelayanan yang setara.

  • Wildan Ilham - Work by W

    Logo ini merangkai masa lalu untuk masa depan yang kita tuju. Sejalan dengan ideologi, keluhuran budaya, dan semangat maju bersama di antara kita. Bersama, kita bersinergi dari Nusantara untuk Indonesia dan dunia.

Desainer yang karyanya terpilih sebagai logo baru dari Ibu Kota Nusantara akan mendapatkan hadiah sebesar 185 juta Rupiah. Selain itu, 10 pemilih dari masyarakat yang beruntung juga turut mendapatkan hadiah berupa motor listrik yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Masyarakat dapat memilih logo melalui tautan www.ikn.go.id/pilihlogonusantar, mulai dari 4 April 2023 hingga 20 Mei 2023. Rencananya logo yang mendapatkan pilihan terbanyak dari masyarakat akan diumumkan oleh Presiden Jokowi Widodo pada akhir Mei 2023 di Ibu Kota Nusantara.

Jangan lupa untuk pilih logo yang kalian sukai dan isi komentar dibawah tentang logo yang kalian pilih!

Previous
Previous

Diorama Creative Market: Pop-Up Market, Creative Workshop, Talkshow hingga Mini Exhibition Buat Kamu Warga Bandung

Next
Next

ESMOD Jakarta Berkolaborasi dengan Nusameta Hadirkan Industri Fashion dalam Metaverse