Bangga Berbatik: Acara Puncak Hari Batik Nasional 2024 di Jakarta dengan Fun Run dan Donasi

Yayasan Batik Indonesia (YBI) dengan bangga kembali mempersembahkan perayaan "Bangga Berbatik" dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Tahun ini, acara akan digelar pada 2-6 Oktober 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Perayaan tahunan ini diselenggarakan oleh Yayasan Batik Indonesia, sebuah organisasi yang berdiri sejak 28 Oktober 1994, dengan prakarsa dari Ibu Jultin Ginandjar Kartasasmita, Bapak Ir. Firdaus Ali, dan Bapak Dr. Dipo Alam MEM. Acara ini bertujuan untuk merayakan kekayaan budaya batik sebagai warisan nasional.

Pada peringatan tahun ini, YBI memilih Batik Gedog Tuban sebagai ikon Hari Batik Nasional 2024. Batik Gedog Tuban, yang berasal dari Tuban, Jawa Timur, dipilih karena kelangkaannya dan nilai budaya yang diusungnya. Batik ini menampilkan pengaruh budaya Tiongkok melalui motif burung Phoenix, mencerminkan akulturasi budaya yang terjadi di masa lalu saat Tuban menjadi salah satu pintu masuk pendatang dari Negeri Tirai Bambu.

Proses pembuatan Batik Gedog Tuban juga istimewa karena menggunakan benang katun yang dipintal secara tradisional dari kapas yang ditanam di Tuban. Batik ini dibuat menggunakan alat tenun sederhana yang dikenal sebagai "gedog" dan dikerjakan oleh para perempuan setempat yang melestarikan keterampilan ini secara turun-temurun.

Sebagai bagian dari acara ini, YBI akan menghadirkan pameran edukatif yang disajikan melalui instalasi modern, termasuk sebuah terowongan multimedia. Pengunjung akan diajak memasuki pengalaman imersif yang menampilkan animasi batik-batik yang telah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, seperti Batik Nitik, Batik Besurek, Batik Complongan, Batik Sarung Pekalongan, dan Batik Lasem.

Selain itu, acara ini juga akan diramaikan dengan bazar yang menampilkan produk-produk batik dari sekitar 45 usaha kecil dan menengah (UKM) dari berbagai daerah di Indonesia.

Perayaan HBN24 akan diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari peragaan busana, diskusi tentang sejarah dan filosofi batik, hingga pagelaran musik. Puncak acara akan digelar pada Minggu, 6 Oktober 2024, di Plaza Sudirman Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, dengan acara "Hari Batik Fun Run and Walk." Acara ini tidak hanya mengajak masyarakat untuk berolahraga demi kesehatan, tetapi juga bertujuan untuk menggalang dana yang akan digunakan untuk mendukung upaya YBI dalam melestarikan batik.

Seluruh rangkaian acara ini diadakan dengan kolaborasi antara Yayasan Batik Indonesia dan Biro Hubungan Masyarakat serta Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) dari Kementerian Perindustrian.

Previous
Previous

A Progress in the Narrative: Next Act of Indonesian Film

Next
Next

Menjaga Warisan: Pentingnya Konservasi Seni dan Cagar Budaya di Indonesia