Art Jakarta Gardens Telah Sukses Terlaksanakan di Awal Tahun 2023

Besarnya minat publik terhadap gelaran Art Jakarta Gardens pada tahun 2022 lalu menjadi salah satu pertimbangan utama untuk menjadikan Art Jakarta Gardens sebagai sebuah acara tahunan rutin. Telah rampung dilaksanakan pada 7-12 Februari 2023 lalu, acara pameran seni luar ruang satu ini turut menghadirkan berbagai galeri. Diantaranya adalah Andis Gallery, Art Agenda, ArtSociates, Bale Project, Gajah Gallery, Gudang Gambar, ROH, Museum of Toys, dan beragam galeri seni lain baik dari dalam maupun luar negeri. 

Perbedaan yang cukup terasa dari Art Jakarta Gardens dan Art Jakarta yang biasanya diadakan di dalam ruang adalah kehadiran beragam nama seniman muda. Art Jakarta Gardens memang lebih memfokuskan diri untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi seniman-seniman muda Tanah Air untuk mendapatkan apresiasi yang lebih baik.

Pada hari pembukaan Art Jakarta Gardens 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uni juga turut mengapresiasi penyelenggaraan event kali ini.

“Saya mengapresiasi tim dari Art Jakarta Gardens yang menjadikan pameran di taman ini sebagai sebuah signature, sehingga tidak hanya memberikan ruang bagi komunitas seni, tetapi juga pada seniman muda, sellers, dan buyers” Jelas Sandiaga Uno, Menparekraf Indonesia, pada Selasa, 7 Februari 2023.

Tidak hanya penampilan karya seni, rangkaian acara Art Jakarta Gardens 2023 juga turut menampilkan seni pertunjukan yang dipersembahkan oleh jejaring seni performans dan seni suara eksperimental. Dalam pertunjukan yang bertajuk “Intraplay” Dimas E. Prasinggih, Ishvawa Devati, Kurt Peterson, Aldo Ahmad, Jason Noghani, Monica Hapsari, dan Orcy World (Gilang Anom M.M.) menghadirkan sebuah pertunjukkan sebagai bentuk respons pada ruang Hutan Kota dan lingkungan Art Jakarta Gardens. Terinspirasi dari semangat kebebasan berstruktur pada pendahulu mereka.  

Salah satu program yang juga menarik perhatian publik adalah pertunjukkan musik dari Sofar Sounds yang mengadirkan beberapa penampilan diantaranya adalah Sri Panggung dan Yuyun Arfah. Pertunjukkan musik ini menjadi lebih istimewa karena dilakukan di tempat terbuka berlatarkan Hutan Kota.

Setelah merampungkan penyelenggaraan Art Jakarta Gardens 2023 di awal tahun, pada bulan Agustus mendatang Art Jakarta juga akan kembali hadir dengan event rutin tahunannya dengan menghadirkan karya dan galeri seni dari dalam dan luar negeri. 

Previous
Previous

NOVERE, Rilis Koleksi “BLOOM” dan Buka Gerai Offline Pertama

Next
Next

Pressure and Pleasure: Antologi Penafsiran Karya-karya Agus Suwage