Sundance Film Festival: Asia 2022, Festival Pendukung Kemajuan Industri Film Indonesia.

Sundance Film Festival: Asia akan kembali hadir! Festival persembahan Sundance Institute dan XRM Media yang didukung oleh IDN Media akan diselenggarakan secara offline pada 25-28 Agustus 2022 di Jakarta, Indonesia. 

Pada tahun keduanya ini, audiens dapat hadir menikmati pemutaran film, menyaksikan diskusi panel, dan berbagai rangkaian acara lainnya yang dirancang khusus untuk audiens Indonesia. Seluruh rangkaian acara akan diumumkan pada pertengahan tahun ini.

“Kami sangat senang untuk kembali bekerja sama dengan XRM Media dalam menghadirkan festival ini secara offline di Jakarta. Ini merupakan kesempatan berharga untuk membagikan film-film independen favorit kita semua pada penonton di Indonesia,” ujar Tabitha Jackson, Festival Director Sundance Film Festival. 

William Utomo, Chief Operating Officer IDN Media menambahkan, “Kami sangat antusias untuk menghadirkan Sundance Film Festival: Asia secara offline dan tentunya tetap memberikan yang terbaik untuk para pecinta film di Indonesia. Semoga festival ini bisa terus menjadi platform yang mendukung kemajuan industri film.”

Untuk terus mendukung filmmakers Indonesia, Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia yang disponsori oleh Argo pun akan kembali diadakan sebagai bentuk dukungan untuk para filmmaker Indonesia. 

“Tahun lalu, kompetisi film yang kami adakan berjalan sangat sukses. Kami sangat mengagumi karya-karya yang didaftarkan, 10 karya terbaik di kami tampilkan Sundance Asia dan 2 karya terpilih ditayangkan di Sundance Film Festival pada Januari lalu. Kami antusias untuk melihat lebih banyak karya di kompetisi tahun ini,” ujar Mike Plante, Senior Short Film Programmer Sundance Film Festival.

Pendaftaran Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022 dibuka hingga 31 Mei 2022 untuk insan perfilman Indonesia berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Para filmmakers bisa mendaftarkan film pendek genre apa pun karya mereka yang sudah selesai diproduksi pada atau sesudah 1 Januari 2020, dengan durasi film selama 3-20 menit. 

Dewan juri yang merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, dan Argo akan mengkurasi pilihan film pendek dari seluruh pendaftar yang masuk. Dewan juri juga akan memilih pemenang penghargaan Jury Award yang akan menerima hadiah 2.000 dolar

AS yang disponsori oleh Argo. Nama-nama yang akan menjadi dewan juri adalah:

Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival

Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival

Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival

Susanti Dewi, Head of IDN Pictures

Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Film pendek yang terpilih akan ditayangkan saat Sundance Film Festival: Asia 2022 dan juga didistribusikan secara global setelah festival berlangsung melalui platform Argo. Mereka juga akan berkesempatan mengikuti seleksi untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2023.

Informasi mengenai cara pendaftaran serta syarat dan ketentuan bisa kamu lihat melalui website Sundance Film Festival atau halaman Film Freeway. Ikuti juga media sosial Sundance Film Festival: Asia 2022 di Instagram dan TikTok @SundanceFFAsia untuk mendapatkan informasi terbarunya.

Previous
Previous

Geometry Selects: Rekomendasi Novel Untuk Teman Akhir Pekan

Next
Next

Rayakan Hari Bumi, Modena Hadirkan “Restyling the Future” Bersama Setali Indonesia