Membangun Loyalitas Konsumen Melalui User Generated Content

Ragam media sosial yang terus berkembang setiap tahunnya, hal ini juga turut berpengaruh pada cara brand berinteraksi dengan para konsumen. Kalau mungkin dulu komunikasi hanya berjalan satu arah melalui media-media konvensional seperti surat kabar atau televisi. Media sosial kini memberikan ruang bagi konsumen untuk memberikan pendapat kepada para produsen secara langsung. Salah satu hal yang kini menjadi perhatian dalam lingkup bisnis yang berhubungan langsung dengan individu adalah bagaimana cara brand membangun dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan membangun komunitas. Di era ini, membangun komunitas tidak hanya tentang mengumpulkan beberapa orang di suatu tempat atau group chat yang sama. Membangun komunitas untuk brand adalah tentang membuat konsumen merasa punya andil dan menjadi bagian dari brand yang mereka konsumsi dalam keseharian. Untuk dapat mencapai tujuan ini, strategi marketing yang bisa dipertimbangkan untuk mulai diterapkan adalah dengan menghadirkan User Generated-Content (UGC).

UGC merupakan format konten yang dibuat oleh pengguna atau konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh produsen. Meliputi tulisan, video, dan juga gambar yang kemudian diunggah kembali di media sosial brand terkait. Fitur lain yang juga dapat dimanfaatkan untuk membuat UGC adalah dengan menggunakan tagar spesifik yang dapat memudahkan konsumen yang ingin mencari pendapat pengguna lain terkait suatu brand. Manfaat user generated content bagi loyalitas pelanggan diantaranya adalah:

Interaksi Autentik dengan Konsumen

Dengan mengunggah kembali konten yang diberikan oleh pelanggan di media sosial brand, interaksi yang terbangun akan lebih hidup dan terasa autentik. Coba berikan komentar terhadap feedback atau review yang diberikan oleh konsumen. Bangun interaksi yang lebih hidup dengan konsumen dengan mengapresiasi tanggapan mereka terhadap produk ataupun jasa yang kita tawarkan.

Pendekatan Baru Storytelling

Berbeda dengan storytelling yang diberikan dari pihak marketing brand, UGC memberikan pendekatan yang lebih nyata dan emosional. Kehadiran media sosial memberikan ruang setiap individu untuk dapat memberikan narasi dari sudut pandang mereka sendiri terhadap pengalaman mereka setelah menjadi konsumen suatu produk atau jasa tertentu. Gaya penyampaian yang beragam dan mungkin tidak terlalu formal memungkinkan konsumen dapat membayangkan dan merasakan bahwa mereka juga bisa mendapat pengalaman yang serupa.

Beberapa brand yang juga menerapkan strategi marketing ini adalah Apple, Nike, dan Google Pixel. Jika ingin menggunakan strategi marketing yang satu ini, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan. Seperti meminta izin sebelum merepost konten, pahami terlebih dahulu target audiens agar konten yang digunakan tidak hanya menjadi sekumpulan testimoni acak, serta narasi yang ingin disampaikan oleh brand secara keseluruhan.

Penggunaan user generated content bisa jadi salah satu strategi agar konsumen merasa menajdi bagian dari perjalanan brand. Sekaligus juga meningkatkan engagement dan loyalitas konsumen pada brand. Sehigga, hubungan antara produsen dan konsumen terasa lebih humanis dan dua arah.

Previous
Previous

Geometry Selects: Rekomendasi Buku Untuk Mulai Hal Baru

Next
Next

KangaROOS : Sneakers Berkantung Telah Hadir di Indonesia!