Eksplorasi Imajiner Relief Candi Sanggrahan

Gulung Tukar adalah sebuah kolektif seni yang hadir lantaran kegelisahan akan minimnya ruang gerak beropini terutama dalam generasi muda. Tak sebatas hanya sebagai ruang untuk berkreasi, melainkan juga sebagai apresiasi dan rasa aman bagi setiap individu yang hadir di dalamnya. Gulung Tukar berupaya membentuk suatu sistem yang dapat mengakomodasi ragam disiplin baik itu oleh individu ataupun kelompok. Kolektif bukan sebatas tentang kerjasama dalam kelompok tetapi juga mengenai bagaimana kita bisa bekerja bersama-sama dalam membangun ekosistem berekspresi di sekitar kita.

Candi Sanggrahan, Tulungagung.

Salah satu proyek dalam Gulung Tukar adalah “Putar Layar Bunyi Pancar #1: Another Missing Light”. Ini merupakan proyek hasil kolaborasi antara Rizqi Maulana (peserta residensi BJIX di Gulung Tukar), Muchamad Riduwan (praktisi multimedia), dan Eri Rama Putra (fotografer dan disk jockey). Sebuah proyek mapping video di situs Candi Sanggrahan, salah satu situs peninggalan Kerajaan Majapahit di Tulungagung. Narasi yang terbangun sebagai tempat peristirahatan rombongan Majapahit yang hendak melakukan upacara perabuan jenazah Gayatri.

Di bagian bawah Candi Sanggrahan terdapat panel-panel relief yang mengilustrasikan hewan. Hingga saat ini masih belum ada yang bisa menerjemahkan dengan pasti apakah ada alur cerita dari tiap relief hewan itu, atau memang tidak ada alurnya. Proyek Putar Layar Bunyi Pancar #1: Another Missing Light berusaha mengeksplorasi penafsiran imajiner melalui karakter relief yang ada dengan visual artistiknya. Komposisi visual tersebut kemudian disajikan dalam bentuk video motion yang diproyeksikan ke Candi Sanggrahan.

Another Missing Light, oleh Riduwan, Rizqi, dan Rama.

Program “Putar Layar Bunyi Pancar #1 - Another Missing Light" adalah salah satu rangkaian Biennale Jatim IX 2021 yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota di Jawa Timur termasuk Tulungagung. Tentu saja, keberadaan program ini tidak bisa dilihat sebagai entitas tunggal melainkan tergabung dan terhubung dengan penyelenggaraan acara lainnya yang terjadi secara terpisah lokasi dan waktu. Antara lain "Proyek Kelana: Sudut Pertama, Pancar Pencoba”; “Jejak Laku, Tidak Baku”; dan “Single Negative”. Informasi lebih lengkap mengenai Gulung Tukar dan proyek Putar Layar Bunyi Pancar #1: Another Missing Light  dapat diakses melalui website www.gulungtukar.org.




Previous
Previous

Synchronize Fest di Radio Diselenggarakan Secara Gratis!

Next
Next

Just Mom: Film Tentang Ibu Yang Akan Tayang Awal Tahun 2022