Bikin Presentasimu Jadi Menarik Biar Audiens Ngelirik!

Kamu mungkin seorang praktisi yang mengajar, sedang pitching ke klien, atau sekedar presentasi ke tim. Selain public speaking, mendesain deck presentasi juga jadi skill yang nggak kalah penting, lho! Sebuah presentasi yang dirancang dengan baik dapat membantu kamu terhubung dengan audiens, melibatkan mereka, dan mencapai semua hasil yang kamu inginkan.

Sebuah presentasi yang tidak dipersiapkan dengan baik dapat membuat kamu kehilangan customer, investor, hingga kesempatan lain saat kamu gagal menyampaikan pesan pada mereka. Selain itu, presentasi yang buruk juga memberikan kesan yang salah tentang ketidakmampuan, tidak dapat diandalkan, dan tidak profesional. Di sisi lain, sebuah deck presentasi yang dipersiapkan dengan tepat sasaran bisa membuat kamu terlihat profesional, kredibel, dan siap.

Ini beberapa tips biar presentasimu menarik untuk diperhatikan:

  • Mendesain untuk audiens di belakang

Presentasi yang baik terlihat seperti penanda jalan. Optimalkan halaman layar dengan elements yang “bersih”, serta gunakan font dengan ukuran besar.

  • Ciptakan pembuka yang kuat

Menangkan atensi audiens dengan membentuk mood dan meng-highlight bagian penting dalam deckmu.

  • Jangan melebih-lebihkan presentasimu

Sisipkan info sekunder on-hover atau on-clicks untuk memudahkan persepsi visual dan menambahkan tautan ke dokumen pendukung.

  • Adaptasikan tampilan untuk smartphone

Mengadaptasi ukuran layar presentasi agar lebih sesuai dengan smartphone akan bermanfaat bagimu saat calon investormu memiliki kebiasaan merevisi sesuatu dari perangkan selulernya.

Previous
Previous

Sensasi K-Pop dan K-Drama: Menikmati Kuliner Korea di Hot Oppa

Next
Next

Seberapa Ramah Industri Desain Indonesia?