6616 Gali Potensi Kreatif Lewat Passion Project 

Di tengah rutinitas pekerjaan yang terasa monoton dan penuh tekanan, ruang untuk menggali passion project bisa menjadi salah satu upaya menjaga bahkan meningkatkan kreativitas dan kepuasan pekerja. Kesempatan untuk mengerjakan project yang tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan sehari-hari serta sesuai dengan minat pribadi dapat menjaga semangat kerja sekaligus membentuk lingkungan yang lebih dinamis dan inovatif.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh 6616 Creative House, yaitu menghadirkan platform bagi para staf untuk menyalurkan passion project mereka yaitu 9i99 [baca:/gig/].

Business Director 6616 sekaligus inisiator 9i99, Shafira Sahara, mengungkapkan bahwa setiap personel yang terlibat dalam ruang kerja kreatif—mulai dari founder hingga runner—memiliki ketertarikan yang beragam dan dapat dikembangkan menjadi sebuah project kolaboratif. 

Lantas melalui 9i99, platform ini dapat membangun, mendorong, dan merealisasikan setiap passion yang terkurasi dari tiap anggota 6616 Creative House. Saat membuka ruang diskusi bagi bermacam ide, tidak ada batasan topik dan format yang dilempar untuk 9i99. Menurut Shafira,  setiap anggota 6616 Creative House percaya bahwa a good idea is a good idea. Setiap passion adalah sebuah potensi untuk 9i99. 

Namun, ada satu syarat pasti yang harus dipenuhi, yaitu nilai Strangely Useful.

“Jadi kata strangely itu sebenarnya turunan dari sesuatu yang familiar tapi harus ada a bit of a twistnya. Kira-kira apa perbedaannya dari yang ada di luar sana? Strangely, lalu juga useful. Kita nggak mau  bikin sesuatu biar keren aja. Kita pengen ada gunanya buat orang-orang yang membaca atau orang-orang yang minum, makan. Nantinya kita nggak tau mau bikin apa aja. Tapi, sisi fungsionalnya harus tetap ada ,” terang Shafira. 

Project Pertama Gig: Cook Cook Book Cook

Passion project pertama yang sejalan dengan nilai strangely useful adalah sebuah zine berjudul Cook Cook Book Cook (Cook Book) yang berputar pada isu kuliner. Ide ini dihadirkan oleh Nano Zantara, desainer grafis dari 6616 Creative House. Memiliki ketertarikan pada zine, Nano menggabungkan kosep zine dengan diskusi seputar makanan, topik paling karib bagi seluruh tim 6616 Creative House. 

“Kenapa kepikiran Cook Book? Soalnya kita di kantor tuh suka ngobrol yang kayak this or that, atau kayak basa-basi aja. Sering banget, lagi kerja terus tiba-tiba nanya “eh coba sebutin favorit seafood lo, 5 gitu di list”  atau kayak “lo kalo ke gelato suka rasa apa?”. Nah, itu tuh sering banget diobrolin, kalau misalnya kita lagi pada ngerokok di luar atau lagi pada kerja di dalam,”  kata Nano.

Format zine sendiri dipilih bukan tanpa alasan, Nano menyadari eksplorasi desain dan isi yang tidak terbatas mampu membebaskan penafsiran ide para personel 6616 Creative House. Dalam 58 halaman, interpretasi tim 6616 Creative House Sebagai kontributor sangat luas, topik-topik yang dibawa tak terbatas pada rekomendasi tempat makan, namun juga topik “receh” nan menyenangkan seperti jajanan terbaik di minimarket, atau lagu Nasi Goreng–Geef mij maar Nasi Goreng yang dinyanyikan Wieteke van Dort, hingga relevansi antara zodiak dan makanan. Bahkan tak hanya esai, dalam zine ini juga terdapat foto dan ilustrasi.

Dari passion project seperti ini, Nano mengungkapkan bahwa tim 6616 Creative House Sangat senang terlibat di dalamnya. Menurutnya, tiap individu menuangkan usaha terbaik untuk meluangkan waktu dan tenaga agar riset dan hasilnya sepadan. Kolaborasi dan suka cita tentu tetap jadi poin utama berjalannya sebuah passion project, maka setiap anggota tim 6616 Creative House pun saling membantu proses pengerjaan zine Cook Cook Book Cook hingga akhirnya rilis ke publik.

Surprisingly orang-orang juga interested gitu lho. Soalnya mereka juga jadi put effort buat do some research sendiri gitu. Terus ada beberapa orang yang emang pengen nge-layout sendiri gitu atau bikin aset-nya sendiri,” tutur Nano.

Nano dan Shafira berharap zine ini bisa menjadi bacaan ringan yang menemani individu kreatif di tengah kesibukan sehari-hari. Zine Cook Cook Book Cook sudah ludes terjual melalui Tokopedia 9i99, namun masih bisa didapatkan di Studioland

Akhir bulan ini 9i99 akan merilis passion project kedua mereka berjudul The ABC of What I Can Be, agaknya passion project seperti 9i99 bisa menjadi angin segar untuk dicoba oleh rumah-rumah kreatif lain, nih!

Previous
Previous

7 Years On Air Tampilkan Pengalaman Pertunjukan Musik Yang Multi-Genre

Next
Next

Tingkatkan Produktivitas dan Kualitas Udara di Rumah dengan  Dehumidifier dari LEKA