5 Film Asia Untuk Teman Berakhir Pekan

Artwork Article - Rekomendasi Film Akhir Pekan.png

Sabtu Minggu dihabiskan untuk rebahan saja? Eits, nggak masalah. Kamu bisa rebahan sembari menonton film yang akan mencampur-aduk emosimu. Film-film di bawah ialah film Asia yang akan membuat kamu bernostalgia, sedih, atau bahkan deg degan! Apa aja sih judulnya?  

1. Yi Yi (2000) 

Yiyi.jpg

Yi Yi (2000) ialah film Taiwan buatan Edward Yang dengan fokus pada permasalahan tiap orang di tiga generasi berbeda dalam keluarga yang hidup dalam satu rumah. Mulai dari hubungan antar ayah dan anak, kisah drama romansa remaja, hingga pertemanan serta pertengkaran pun dikemas dengan cara yang sederhana selayaknya kehidupan sehari-hari. Sinematografi dalam film ini juga nggak kalah cantik! Lampu neon dan visualisasinya yang berwarna  merah-jingga, ornamen oriental, hingga gedung-gedung tua, secara tidak langsung bisa membuatmu serasa ingin mengunjungi Taiwan!



2. Tigertail (2020) 

Tigertail.jpg

Kalau film yang satu ini, bagi yang LDR sama keluarga, siap-siap rindu sama papa,  ya! Film yang baru tayang tahun kemarin ini dibuat oleh sutradara Alan Yang, dan bercerita tentang imigran Taiwan di Amerika (Pin Jui) yang mengalami masalah untuk berbicara kepada putri satu-satunya (Angela). Film ini menggambarkan stereotip ayah di Asia yang sulit mengungkapkan perasaannya kepada anaknya, salah satunya karena terdapat kehidupan yang tidak nyaman di masa lalu. Long-life struggle yang dihadapi Pin Jui, seperti mengorbankan cinta pertamanya, meninggalkan ibunya sendirian ke negara antah berantah, berpikir bahwa ia melakukan yang terbaik untuk anaknya. Padahal, sedikit ia tahu bahwa zaman kini telah berbeda. Komunikasi ialah hal yang sangat penting, dalam hal apapun di dalam keluarga, dan hubungan manapun.


3. Shirkers (2018)

Shirker.jpg

Semoga kamu salah satu penggemar film dokumenter ya! Film Shirker yang  disutradai oleh Sandi Tan ini wajib banget kamu tonton! 

Berlatar belakang Singapura di tahun 1992, masa kecil Sandi dihabiskan bersama teman-teman dan gurunya untuk memproduksi sebuah film thriller indie. Di sini kita akan melihat keseruan mereka sesama penyuka film, dalam memproduksi karya sendiri. Tapi, tentunya tidak semua hal berjalan mulus dan sesuai  ekspektasi mereka karena guru mereka yang ikut membantu dalam produksi tersebut  tiba-tiba saja menghilang, dengan semua gulungan roll filmnya. Penasaran kan gimana jadinya? Filmnya jadi nggak sih? Apa alasan gurunya pergi dengan membawa roll filmnya? Nah, semua ini diceritakan Sandi dalam film dokumentaris Shirker ini. 

4. Onibaba (1964)

Onibaba.jpg

Kalau kamu termasuk Cinephilia, film ini wajib masuk ke watchlist kamu!  

Onibaba (1964) adalah film sejarah-horor Jepang yang ditulis dan disutradarai oleh Kaneto Shindo. Sinematografi dalam film ini merupakan klasikal hitam-putih yang akan menambah kesan horor dan teror dalam alur ceritanya. Berlatar belakang perang saudara, film ini dimainkan oleh dua perempuan yang tinggal di tengah rumput ilalang bermodalkan bambu dan daun kering sebagai atap rumah. Mereka memanfaatkan prajurit yang saling bunuh membunuh untuk diambil senjatanya dan dijual serta ditukar dengan makanan. Film ini sendiri menggambarkan situasi perempuan akibat perang, sementara suami dan anak laki-laki perempuan tersebut gugur dalam pertempuran. Para perempuan tersebut, dengan berbagai cara, pun berusaha bertahan hidup ditengah tengah kekacauan dan kesusahan yang menggerogoti mereka. Siap-siap deg degan sekaligus tertawa getir, ya!

5. Memories Of Murders (2003) 

Memories of murder.jpg

Kamu lebih prefer film-film detektif berdasarkan kisah nyata yang bikin gregetan dan mikir keras? Mungkin film ini cocok buat kamu!  

Berlatar belakang tahun 1986-1991, warga Hwaseong, Korea dikejutkan oleh  penemuan dua mayat perempuan yang dibunuh dan diperkosa di pinggiran kota. Pembunuhan dan pemerkosaan ini berlanjut hingga membuat warga kota tersebut ketakutan, khususnya perempuan untuk berjalan di malam hari. Film ini merupakan  kasus nyata pembunuhan berantai pertama di Korea yang akan membuat kamu  bertanya-tanya, siapakah sebenarnya dalang di balik kekacauan tersebut.  

Well, itu dia lima film Asia yang nggak kalah dengan film-film Hollywood untuk menemani kamu bersantai-ria di akhir pekan! Semoga kamu suka dan menikmatinya,  ya!

Previous
Previous

Hidupkan Kembali Ruang Publik Melalui ICAD 2021

Next
Next

Generasi Terjebak Nostalgia