Kolaborasi ADGI dan XR Indonesia: Hadirkan Instalasi Seni Bertema Krisis Iklim

Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) berkolaborasi dengan organisasi Extinction Rebellion Indonesia (XR) dalam gerakan global yang berdedikasi untuk ekologi dan darurat iklim melalui instalasi yang berjudul “Bilik Tilik, Kotak Otak; Thinking of The Box” pada ajang Bintaro Design District (BDD) 2023. Bertujuan untuk menggugah kesadaran tentang isu lingkungan yang kini menjadi sorotan dunia.

Instalasi “Bilik Tilik, Kotak Otak” merupakan bagian dari tanggapan terhadap tema “Envisioning Nature” BDD 2023, dirancang untuk memicu pertanyaan dan refleksi tentang interaksi manusia dengan dirinya sendiri dan alam.

Dalam mewujudkan instalasi seni ini, ADGI yang merupakan organisasi berbasis keanggotaan para profesional Indonesia di bidang desain grafis, mengajak 10 studio desain untuk merancang poster dan simbol dari berbagai isu lingkungan hidup, perubahan iklim, serta polusi. Diantaranya yaitu 7per8, Another Design & Co, Akroma, Dassein Design Bureau, DEIO, Karyarupa, Nusae, Suka Studio, Satu Collective, dan Visious.

XR Indonesia merupakan gerakan sipil nirkekerasan global yang memberontak demi kehidupan di tengah krisis ekologis dan iklim. Mereka mendukung kolaborasi bersama Norma:l Living dengan membawa karya bilik dan kotak yang terbuat dari plastik daur ulang. Dimana bilik tersebut dijadikan sebagai tempat menyuarakan keresahan mereka dalam merespon isu yang ada di sekitar kita.

Dengan menghadirkan karya yang interaktif, instalasi seni ini memfasilitasi dialog lebih dalam tentang setiap individu untuk melawan perubahan iklim. Karya ini juga menjadi platform bagi ADGI untuk menunjukkan komitmen dalam mengadvokasi perubahan sosial melalui sebuah kekuatan desain grafis.

Melalui karya ini, ADGI dan XR Indonesia mengajak masyarakat untuk membawa pengaruh positif kepada masyarakat mengenai peranan profesi desain grafis, serta merenungkan dampak aksi kita terhadap lingkungan, mendorong tindakan kolektif dan individual, hingga membangkitkan dialog mengenai masa depan bumi yang kita huni.

“Kami percaya desain grafis memiliki kekuatan untuk membangun narasi yang dapat membentuk tindakan kolektif demi masa depan yang berkelanjutan,” tutur Ketua Umum ADGI, Ritchie Ned Hansel.

Instalasi “Bilik Tilik, Kotak Otak” kolaborasi antara ADGI dan XR, sudah berlangsung mulai dari tanggal 8 hingga 18 November 2023 di Bintaro Design District 2023, Aviary Park, Jalan Permadani Utama, Pondok Ranji, Tangerang Selatan.

Previous
Previous

5 Alasan Kenapa Harus Nonton Film Gampang Cuan!

Next
Next

Planetary Health Diet: Menawarkan Makanan Sehat dan Ramah Lingkungan untuk Tubuh dan Bumi